PROFIL


SEJARAH HIMBIO

    Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi (Himbio) adalah organisasi kemahasiswaan Pendidikan Biologi yang berkedudukan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura. Himbio secara resmi berdiri pada tanggal 24 Mei 2005 setelah berlangsungnya Musyawarah Besar (Mubes) pertama kalinya. Himbio merupakan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi yang pertama dibentuk di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura atas dasar inisiatif seluruh mahasiswa Pendidikan Biologi. Hal tersebut didasari akan perlunya suatu wadah yang dapat menyalurkan aspirasi dan mengembangkan potensi mahasiswa Pendidikan Biologi.

VISI

Menjadikan Himbio sebagai suatu wadah untuk mengembangkan suatu potensi, kompetensi, serta minat dan bakat seluruh mahasiswa Pendidikan Biologi baik secara akademik maupun non akademik dengan berasaskan kekeluargaan, loyalitas, dan sikap menghargai setiap pemimpinnya.

MISI

  1. Menampung serta merespon segala bentuk aspirasi dan potensi akademik maupun non akademik dari anggota Himbio.
  2. Membangun dan menerapkan budaya berorganisasi dengan penuh rasa kekeluargaan, loyalitas, dan sikap menghargai setiap pemimpinnya.
  3. Menjalin hubungan dengan setiap anggota Himbio lainnya guna terciptanya keharmonisan setiap anggota Himbio.
  4. Bersinergi dan bekerjasam dengan dosen dan staf Program Studi Pendidikan Biologi, lembaga kemahasiswaan, serta semua pihak yang mendukung keberlangsungan Himbio.

MAKNA LAMBANG

  1. Warna dasar putih melambangkan bahwa dalam melaksanakan kegiatannya, Himbio FKIP Untan dilandasi niat yang tulus dan suci.
  2. Lingkaran biru melambangkan sikap lapang dada Himbio FKIP Untan dalam menjalankan program kerja.
  3. Sederetan sel yang membentuk segienam melambangkan bahwa Himbio FKIP Untan merupakan himpunan yang dibentuk atas rasa persatuan dan kesatuan, jumlah segi yang dibentuk yaitu enam juga berarti urutan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di lingkungan Universitas Tanjungpura.
  4. Sederetan daun berwarna hijau yang membentuk bangun segitiga melambangkan Himbio FKIP Untan yang senantiasa berorientasi pada alam dan pelestarian alam dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  5. Tulisan "HIMPUNAN MAHASISWA PEND. BIOLOGI FKIP UNTAN" berwarna hitam menunjukkan nama organisasi.
  6. DNA double helix berwarna biru berarti bahwa Himbio FKIP Untan bertujuan mentransfer ilmu pengetahuan kepada generasi penerus, sama halnya dengan fungsi DNA yaitu mentransfer data.
  7. Lebah dengan bagian abdomen yang terdiri atas warna kuning dan coklat melambangkan Himbio FKIP Untan akan memberikan manfaat yang seluas dan sebesar-besarnya kepada anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya.

MARS HIMBIO

Berjuanglah Himbioku
Tuk memajukan pendidikan
Diseluruh aspek kehidupan
Kau tetap harapan bangsa
Siapa berani manghancurkan engkau
Serentak kami kan membela
Majulah wahai Himbioku
Berjayalah s'lama-lamanya

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Ilmuan Biologi Muslim yang Dilupakan Sejarah

BIOPERS : CYBER BULLYING

BioInfo : Entognatha, Heksapoda yang bukan serangga