Langsung ke konten utama

YUK INTIP KESERUAN BIOTA 2021!

Oleh Bidang Jarkominfo Bara Juang

Hai teman-teman! Apa kabar, nih? Udah makan belum? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan jangan lupa makan ya;) By the way, sudah baca postingan sebelumnya yang diunggah pada bulan Oktober kemarin belum? Jangan lupa dibaca yaa, ayo kenalan sama Pengurus Himbio Kabinet Bara Juang tahun ini!~

Okee kita lanjut ke artikel berikut, hmm kira-kira kali ini Himbio’s Blog akan berbagi cerita tentang apa ya? Sesuai judul di atas, kali ini kita akan berbagi cerita tentang keseruan BIOTA 2021 yang baru saja selesai dilaksanakan pada tanggal 27 November 2021 kemarin! Biota? Apa itu Biota? Biota laut? Nah, penasaran ‘kan? Tunggu apalagi, let’s check it out!

-----------------------------------------------------------------------------------

Bimbingan Calon Anggota atau biasanya disingkat BIOTA merupakan salah satu program kerja besar dari Bidang Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) Divisi Kaderisasi. Kegiatan ini merupakan kegiatan pembinaan atau bimbingan kepada mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Biologi agar dapat menjadi anggota aktif Himbio FKIP UNTAN. Hmm, biasanya sih dikenal dengan istilah jadul 'Ospek Jurusan'. Eitss, jangan salah kira dulu, kegiatan ini tidak seperti kegiatan 'ospek' yang kalian bayangkan kok.

Kira-kira apa sih tujuan diadakannya kegiatan ini? Tujuannya adalah untuk memberikan pembinaan dan mengenalkan lingkungan Pendidikan Biologi kepada mahasiswa baru, serta membangun rasa kekeluargaan antar mahasiswa baru sebagai satu angkatan. Kegiatan ini berisikan kegiatan yang mendidik dan menyenangkan dengan materi yang dianggap perlu untuk disampaikan.

Pada tahun-tahun sebelumnya kegiatan ini dilaksanakan secara offline, tetapi sejak tahun 2020 kegiatan ini terpaksa harus dilaksanakan secara online karena adanya pandemi Covid-19.

Walau kegiatannya online, kakak dan abang panitianya pasti akan membuat kegiatan ini tetap seru!

Nah, coba sekarang perhatikan tulisan di bawah ini. (udah kayak perintah soal ujian ya hehe)

Biota tempat untuk belajar

Tempat untuk kita mencari ilmu

Biota tempat orang penuh kreativitas

Tempat orang-orang yang cerdas

Kami bukan lah anak-anak malas

Kami lah para pekerja keras

Kami lah anak Prodi Biologi

Dan kami… selalu happy!

Sudah dibaca? Nah, bernada tidak saat membacanya? Jika bernada berarti bisa ditebak kamu adalah orang yang sudah pernah ikut BIOTA. Betul apa betul? Kira-kira itu lirik lagu apa ya? Yaaa lagu BIOTA dong, masa lagu Seperti Mati Lampu. Jadi, tulisan bait-bait di atas merupakan lirik lagu BIOTA yang dinyanyikan setiap kegiatan BIOTA.

Pada tahun 2021 ini, kegiatan BIOTA dilaksanakan sebanyak 5 kali secara online melalui aplikasi Google Meet setiap hari Sabtu mulai dari tanggal 30 Oktober 2021 sampai 27 November 2021. Kegiatan ini diawali dengan kegiatan PRABIOTA yang dilaksanakan pada tanggal 23 Oktober 2021 secara online melalui Google Meet sebagai persiapan memasuki kegiatan BIOTA 1

Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Meet Up 1 pada tanggal 24 Oktober 2021. Kegiatan ini dilakukan secara offline yang dihadiri oleh sebagian lebah muda, para Danpok (Komandan Kelompok), dan panitia BIOTA lainnya. Saat kegiatan Meet Up 1 ini para lebah muda dibimbing untuk membuat name tag yang unik serta buku penting. Unik? Unik gimana tuh? Buku penting? Apa tuh?

Nah, jadi sudah jadi adat turun menurun di Himbio, saat masa BIOTA mahasiswa baru diwajibkan untuk menggunakan name tag saat ke kampus sebagai tanda pengenal diri. Name tag yang dibuat ini bukan sembarang name tag lho! Name tag dibuat dalam bentuk-bentuk yang menarik dan unik. Pada BIOTA 2021 ini digunakan name tag bertema hewan laut dengan nama latinnya. Jadi, selain sebagai tanda pengenal, lebah muda juga mengetahui nama latin dari masing-masing nama kelompok.  Kemudian, buku penting ini adalah buku yang di dalamnya berisikan catatan keakraban, catatan perkenalan, catatan kesalahan, resume materi selama kegiatan BIOTA, serta kesan dan pesan selama mengikuti BIOTA.

Setiap kegiatan BIOTA, para lebah muda akan diberikan materi baik berupa pengenalan lingkungan Pendidikan Biologi maupun materi lainnya yang dibutuhkan para lebah muda. Lebah muda, begitulah sebutan untuk generasi muda yang baru bergabung di Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi. Tidak hanya diberikan materi, para lebah muda juga disuguhkan games sebagai hiburan supaya tidak merasa bosan selama mengikuti kegiatan BIOTA. Nah, berikut beberapa dokumentasi kegiatan BIOTA yang sempat diabadikan dalam bentuk screenshoot.





Puncak kegiatan atau kegiatan terakhirnya yaitu Meet Up 2 BIOTA 2021. Kegiatan ini dilaksanakan secara offline dan online. Kegiatan offline dihadiri oleh 18 orang lebah muda, panitia BIOTA 2021, pengurus Himbio, AMPIBI, sekaligus Tim X angkatan 7. Dalam kegiatan ini para lebah muda disuguhkan materi dan juga diajak menyanyikan lagu BIOTA, Mars HIMBIO, yel-yel kelompok dan lagu angkatan dari angkatan 2021, makan siang hingga dokumentasi bersama. Oh iya, pada susunan kegiatan ini juga terdapat kegiatan pelantikan tim ekspedisi dari Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Apa itu tim ekspedisi? Silakan nantikan di blog selanjutnya!:D

Banyak cerita dan pengalaman dibalik terlaksananya kegiatan BIOTA 2021 ini baik suka maupun duka. Dari kegiatan BIOTA  yang telah dilaksanakan kami selaku pengurus Himbio berharap akan hadir generasi baru yang luar biasa!

-----------------------------------------------------------------------------------

Oke sekian cerita kita hari ini. Sampai jumpa di BIOTA 2022!

BIOTA 2021! Semangat Tetap Jaya!

HIMBIO! JAYA!

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Ilmuan Biologi Muslim yang Dilupakan Sejarah

1.         Al Jahiz Al-Jahiz dilahirkan di Basra (Irak) pada tahun 781 Masehi. Ia adalah pencetus pertama teori evolusi. Sayang namanya tidak disebutkan dalam buku-buku pelajaran biologi di sekolah maupun di perguruan tinggi. Pelajar dan mahasiswa lebih mengenal nama Charles Darwin, ilmuwan yang hidup seribu tahun sepeninggal Al-Jahiz. Darwin yang hidup pada masa 1809-1882 itu dikenal melalui bukunya bertajuk On the Origin of Species (1859). Jika Darwin pernah menulis soal migrasi burung-burung di Kepulauan Galapagos, maka jauh sebelum itu Al-Jahiz juga pernah melakukannya. Al-Jahiz adalah ahli biologi pertama yang mencatat perubahan hidup burung melalui migrasi. Dia berpendapat, lingkungan dapat menentukan karakteristik fisik makhluk hidup. Asal muasal beragamnya warna kulit manusia, misalnya, terjadi sebagai akibat dari lingkungan tempat mereka tinggal. Al-Jahiz (781 M - 869 M) merupakan ahli biologi pertama yang mengungkapkan teori struggle for existence (berjuang untuk

BIOPERS : CYBER BULLYING

 Halo pembaca sekalian semoga selalu sehat dan bahagia yaa! Zaman sekarang, teknologi semakin canggih aja dan komunikasi juga semakin dipermudah. Tapi ternyata semakin kesini, orang-orang yang gak bijak dalam menggunakan teknologi tersebut malah menjadikan fasilitas yang disediakan seperti social media malah dijadikan lapak untuk menyebarkan hoax dan paling parahnya dijadikan sebagai tempat perundungan secara online atau yang biasa kita kenal sebagai cyber bullying . Untuk saling mengingatkan, dibawah ini akan ada bacaan mengenai cyber bullying nih, agar kami, kalian, dan kita semua dapat lebih bijak dalam berinteraksi di social media 💚 CYBER BULLYING Bullying yaitu dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai “penindasan atau risak”   yang merupakan segala bentuk penindasan atau kekerasan yang dilakukan dengan sengaja oleh satu orang atau sekelompok orang yang lebih kuat atau berkuasa terhadap orang lain, dengan tujuan untuk menyakiti dan dilakukan secara terus menerus. P adahal pera

BioInfo : Entognatha, Heksapoda yang bukan serangga

Pada umumnya, mahasiswa akan menyatakan bahwa heksapoda itu adalah artropoda berkaki enam atau serangga, atau heksapoda sama dengan serangga. Jika dinyatakan bahwa serangga adalah heksapo da, maka hal ini benar. Namun, jika dibalik, yaitu bahwa heksapoda adalah serangga, maka pernyataan tersebut menjadi keliru. Nah, lalu bagaimana sebenarnya kedudukan heksapoda, serangga, dan artropoda berkaki enam? Di dalam filum Artropoda, Entognatha dimasukkan ke dalam klas tersendiri, sesuai namanya. Dan bersama dengan Klas Insecta (serangga), Entognatha adalah anggota subfilum Heksapoda (artropoda berkaki enam). Klas Entognatha mencakup tiga ordo, yaitu: 1.Protura 2.Diplura, dan 3.Collembola (ekor pegas) Kebanyakan hidup di dalam tanah, dan berperan sebagai pemakan bahan organik (detritivora). Oleh karena itu, keberadaan mereka di lingkungan sangat bermanfaat. Para ahli juga sering menggunakan keragaman kelompok heksapoda ini untuk menentukan kualitas kandungan bahan organik tanah, maupun seba