Langsung ke konten utama

SEMARAK DIES NATALIS KE- XIX HIMBIO FKIP UNTAN

        Dies Natalis ke-XIX Himbio FKIP UNTAN merupakan program kerja Bidang Jaringan Komunikasi dan Informasi (Jarkominfo) tepatnya Divisi Jaringan Masyarakat (Jarmas). Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperingati hari terbentuknya Himbio FKIP UNTAN yang ke-XIX. Peringatan Dies Natalis ke-XIX Himbio FKIP UNTAN ini mengangkat tema "Ayo Gencarkan Penanggulangan Pemanasan Global dengan Memaksimalkan Penggunaan Kertas Menggunakan Metode 3R (Reuse, Reduce, Recycle)". Dalam pengimplementasian tema ini, maka dibuat logo dengan desain dan makna sebagai berikut:
"Tulisan Dies Natalies Himbio"
Bermakna bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk memperingati hari berdirinya Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UNTAN. 

"Huruf Romawi XIX"
Bermakna bahwa umur Himbio FKIP UNTAN yang berusia 19 tahun.

"Tiga Panah Melingkar dan Sampah Kertas"
Bermakna bahwa proses 3R atau daur ulang terfokus kepada sampah-sampah kertas yang ada di sekitar lingkungan dan nantinya akan diimplemantasikan dalam kegiatan Dies Natalis ke-XIX Himbio FKIP UNTAN.

"Dedaunan"
Bermakna bahwa keberagaman dan keindahan dalam upaya untuk melestarikan lingkungan dengan memberikan sentuhan alam pada usaha daur ulang sampah kertas.

"Kedua Tangan"
Bermakna bahwa kerjasama dan tanggung jawab dalam upaya menjaga lingkungan dengan merawat dan mendaur ulang kertas secara bijak.

        Dies Natalis ke-XIX Himbio FKIP UNTAN dimeriahkan dengan berbagai rangkaian kegiatan seperti Grand Opening Dies Natalis ke-XIX, berbagai kegiatan lomba yang ditujukan untuk eksternal (mahasiswa FKIP UNTAN) dan internal (mahasiswa dan alumni Pendidikan Biologi FKIP UNTAN), Himbio Berbagi 2024, Closing Ceremony Dies Natalis ke-XIX, dan Malam Puncak sebagai penutup seluruh rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-XIX Himbio FKIP UNTAN.

        Penyelenggaraan Grand Opening Dies Natalis ke-XIX Himbio FKIP UNTAN bertujuan sebagai pembuka untuk dilaksanakannya rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-XIX lainnya. Kegiatan ini dilaksanakan pada 5 Mei 2024 yang dihadiri oleh panitia Dies Natalis ke-XIX, Pengurus Bimakarya Periode 2023/2024, mahasiswa, alumni, dan dosen Pendidikan Biologi FKIP UNTAN, wakil dekan bidang kemahasiswaan, perwakilan dari Hima FKIP UNTAN serta perwakilan Hima Biologi dan Pendidikan Biolgi di luar FKIP UNTAN maupun di luar UNTAN (dalam lingkup Universitas di Pontianak serta Kubu Raya).

        Penyelenggaraan lomba eksternal diikuti oleh mahasiswa FKIP UNTAN dan internal diikuti oleh mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UNTAN. Perlombaan ini dilaksanakan dalam rentang waktu 11 hari dari tanggal 11-12 Mei 2024. Perlombaan ini diharapkan dapat meningkatkan bakat, minat, rasa kekeluargaan, dan kebersamaan serta solidaritas antara lingkungan internal dan eksternal sesuai dengan harapan serta tujuan dilaksanakannya kegiatan ini. 

        Closing Ceremony Dies Natalis ke-XIX Himbio FKIP UNTAN dan Malam Puncak dilaksanakan pada tanggal 25 Mei 2024 secara luring di Gedung Kuliah Bersama B. Kegiatan ini dihadiri oleh panitia Dies Natalis ke-XIX, pengurus Bimakarya, mahasiswa, alumni, serta dosen Pendidikan Biologi FKIP UNTAN, perwakilan dari Hima FKIP UNTAN dan perwakilan Hima Biologi serta Pendidikan Biolgi di luar FKIP UNTAN maupun di luar UNTAN (dalam lingkup Universitas di Pontianak dan Kubu Raya) serta peserta lomba. Kegiatan ini diisi dengan kata sambutan oleh pihak-pihak terkait seperti Ketua Panitia, Ketua Umum dan DPO Himbio FKIP UNTAN periode 2023/2024 serta ditutup dengan perwakilan dosen Pendidikan Biologi FKIP UNTAN sehingga kegiatan ini secara resmi ditutup. Kegiatan ini juga diisi dengan pemotongan kue ulang tahun sebagai perayaan ulang tahun Himbio FKIP UNTAN ke-XIX. 

        Closing Ceremony Dies Natalis ke-XIX Himbio FKIP UNTAN juga dimeriahkan dengan kegiatan Malam Puncak. Kegiatan Malam Puncak diisi dengan rangkaian kegiatan yang seru seperti pembagian beberapa hadiah bagi para pemenang lomba, penampilan bakat dan minat mahasiswa Pendidikan Biologi serta persembahan after movie dari kegiatan Himbio Berbagi 2024.

Berikut beberapa dokumentasi dari kegiatan Dies Natalis ke-XIX Himbio FKIP UNTAN:

1. Grand Opening Dies Natalis ke-XIX Himbio FKIP UNTAN 
2. Perlombaan Eksternal
3. Perlombaan Internal
4. Closing Ceremony Dies Natalis ke-XIX Himbio FKIP UNTAN
 

Sekian cerita hari ini, sampai jumpa di Dies Natalis ke-XX Himbio FKIP UNTAN!

"Dari kita, untuk bumi, 3R ciptakan perubahan!"
Himbio Jaya! Himbio Jaya! Himbio Jaya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Ilmuan Biologi Muslim yang Dilupakan Sejarah

1.         Al Jahiz Al-Jahiz dilahirkan di Basra (Irak) pada tahun 781 Masehi. Ia adalah pencetus pertama teori evolusi. Sayang namanya tidak disebutkan dalam buku-buku pelajaran biologi di sekolah maupun di perguruan tinggi. Pelajar dan mahasiswa lebih mengenal nama Charles Darwin, ilmuwan yang hidup seribu tahun sepeninggal Al-Jahiz. Darwin yang hidup pada masa 1809-1882 itu dikenal melalui bukunya bertajuk On the Origin of Species (1859). Jika Darwin pernah menulis soal migrasi burung-burung di Kepulauan Galapagos, maka jauh sebelum itu Al-Jahiz juga pernah melakukannya. Al-Jahiz adalah ahli biologi pertama yang mencatat perubahan hidup burung melalui migrasi. Dia berpendapat, lingkungan dapat menentukan karakteristik fisik makhluk hidup. Asal muasal beragamnya warna kulit manusia, misalnya, terjadi sebagai akibat dari lingkungan tempat mereka tinggal. Al-Jahiz (781 M - 869 M) merupakan ahli biologi pertama yang mengungkapkan teori struggle for existence (berjuang untuk

BIOPERS : CYBER BULLYING

 Halo pembaca sekalian semoga selalu sehat dan bahagia yaa! Zaman sekarang, teknologi semakin canggih aja dan komunikasi juga semakin dipermudah. Tapi ternyata semakin kesini, orang-orang yang gak bijak dalam menggunakan teknologi tersebut malah menjadikan fasilitas yang disediakan seperti social media malah dijadikan lapak untuk menyebarkan hoax dan paling parahnya dijadikan sebagai tempat perundungan secara online atau yang biasa kita kenal sebagai cyber bullying . Untuk saling mengingatkan, dibawah ini akan ada bacaan mengenai cyber bullying nih, agar kami, kalian, dan kita semua dapat lebih bijak dalam berinteraksi di social media 💚 CYBER BULLYING Bullying yaitu dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai “penindasan atau risak”   yang merupakan segala bentuk penindasan atau kekerasan yang dilakukan dengan sengaja oleh satu orang atau sekelompok orang yang lebih kuat atau berkuasa terhadap orang lain, dengan tujuan untuk menyakiti dan dilakukan secara terus menerus. P adahal pera

BioInfo : Entognatha, Heksapoda yang bukan serangga

Pada umumnya, mahasiswa akan menyatakan bahwa heksapoda itu adalah artropoda berkaki enam atau serangga, atau heksapoda sama dengan serangga. Jika dinyatakan bahwa serangga adalah heksapo da, maka hal ini benar. Namun, jika dibalik, yaitu bahwa heksapoda adalah serangga, maka pernyataan tersebut menjadi keliru. Nah, lalu bagaimana sebenarnya kedudukan heksapoda, serangga, dan artropoda berkaki enam? Di dalam filum Artropoda, Entognatha dimasukkan ke dalam klas tersendiri, sesuai namanya. Dan bersama dengan Klas Insecta (serangga), Entognatha adalah anggota subfilum Heksapoda (artropoda berkaki enam). Klas Entognatha mencakup tiga ordo, yaitu: 1.Protura 2.Diplura, dan 3.Collembola (ekor pegas) Kebanyakan hidup di dalam tanah, dan berperan sebagai pemakan bahan organik (detritivora). Oleh karena itu, keberadaan mereka di lingkungan sangat bermanfaat. Para ahli juga sering menggunakan keragaman kelompok heksapoda ini untuk menentukan kualitas kandungan bahan organik tanah, maupun seba