SELF-LOVE
Self love yaitu cara seseorang untuk menunjukkan rasa cintanya terhadap diri sendiri. Namun, masyarakat awam seringkali mengecap orang yang melakukan “Self Love” sebagai bentuk tindak egoism dan narsistik. Padahal sebenarnya, setiap orang berhak untuk memiliki ruangnya untuk mengapresiasi dirinya sendiri, hal ini juga bisa sebagai bentuk dari rasa syukur seseorang terhadap berbagai hal dan potensi yang dia miliki dalam dirinya. “Self love” bukanlah tindak egoisme. Pendapat ini dapat didasarkan atas tindakan seseorang saat menunjukkan rasa cintanya terhadap diri sendiri yang dipandang orang lain sebagai tindakan egois yang tidak memikirkan kepentingan sekitarnya. Padahal jika kita lihat dari sisi berbeda, mencintai diri sendiri itu merupakan pondasi awal agar kita juga dapat lebih menghargai orang sekitar kita. Dengan memahami diri sendiri, kita juga akan belajar berbagai sifat yang manusia miliki sehingga dengan begitu orang yang melakukan “Self love” akan memahami juga sifat yang dimiliki orang sekitarnya. Mencintai diri sendiri bukan hanya soal percaya potensi yang ada pada diri kita, tapi jika dilihat dari berbagai sudut pandang banyak sekali hal yang sebenarnya dapat kita ambil pelajarannya. Ingat, “Mencintai” tidak sesempit itu.
“Self Love” merupakan bentuk pemahaman terhadap diri. Mencintai diri sendiri berarti kita dapat menerima secara utuh tubuh, pikiran, dan hati serta ingin selalu menjadi yang terbaik untuk diri sendiri, dimana semua itu merupakan proses kita untuk menerima keseluruhan diri kita sebagai manusia. Segala kekurangan dan kelebihan, kita terima dengan positif. Psikolog Neff & Dahm berkata bahwa self love berarti kita memperlakukan diri dengan kebaikan, perhatian, dan dukungan yang sama, yang kita tunjukkan pada sahabat. Orang yang mencintai dirinya sendiri tidak akan bersikap terlalu keras terhadap dirinya atau merasa dirinya tak berguna. Self love yang sehat akan membuat orang tersebut tetap bersikap pemaaf dan mengenali bahwa ketidaksempurnaan adalah bagian dari pengalamannya sebagai seorang manusia ciptaan Tuhan.
Orang-orang seringkali salah mengartikan antara mencintai diri sendiri berarti sama dengan menyukai diri sendiri. Namun sebenarnya, antara mencintai diri dan menyukai diri merupakan dua hal yang berbeda. Menyukai diri seringkali bersifat sementara, contohnya jika seseorang melakukan program penurunan berat badan dan program tersebut berhasil, maka seseorang akan menghargai dirinya sendiri, namun saat tidak berhasil ataupun gagal seseorang tersebut akan meremehkan dan memandang dirinya sendiri rendah karena tidak mampu dan dapat berakhir dengan menyiksa dirinya dengan meningkatkan program penurunan berat badannya menjadi tindakan ekstrem yang membahayakan diri dan nyawanya. Dari hal diatas dapat disimpulkan bahwa menyukai diri sendiri hanya akan membuat kita memberikan cinta yang tidak murni, namun didasarkan dari sebuah pengukuran atau penilaian dari kepuasan diri.
Mencintai diri sendiri merupakan cara manusia untuk mencapai kehidupan yang lebih bahagia. Seorang manusia memiliki berjuta tujuan hidup, namun pada akhirnya akan berujung pada keinginan untuk memiliki hidup yang bahagia. Nah untuk mencapai kebahagiaan tersebut, kita harus tau dulu, apakah kita sudah mencintai diri sendiri? Apakah kita memiliki self love yang sehat untuk mencapai kehidupan yang bahagia tersebut atau belum? Ada beberapa tanda jika seseorang belum memiliki rasa cinta terhadap diri sendiri, pertama cenderung untuk menilai kekurangan daripada kelebihan, kedua terlalu negatif pada diri sendiri, ketiga ingin terlihat bagus walaupun dengan cara menjelekkan orang lain, keempat gampang menyalahkan diri sendiri, kelima lebih memprioritaskan orang lain, keenam tidak peduli kesehatan, terakhir yaitu cenderung mengkritik diri sendiri setiap saat. Sedangkan tanda-tanda orang yang sudah memiliki self love yang sehat yaitu tidak lupa untuk selalu bersyukur, memberikan perhatian pada diri sendiri, tidak membandingkan diri dengan orang lain, selalu optimis, dan yang paling penting yaitu tidak mengidupi ekspektasi orang lain. Mungkin, banyak orang yang menganggap sepele self love ini, tapi sebenarnya dengan mencintai diri sendiri kita juga dapat lebih memahami sifat yang dimiliki manusia, sehingga kita dapat menciptakan hidup bermasyarakat yang bahagia dan harmonis.

"Be the 'Love' you never received" - Rune Lazuli

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Ilmuan Biologi Muslim yang Dilupakan Sejarah

BIOPERS : CYBER BULLYING

BioInfo : Entognatha, Heksapoda yang bukan serangga