Langsung ke konten utama

HOPE 2 : Langkah-langkah kecil telah dimulai


Yahya Muhaimin | Ketua Himbio 2013-2014

Satu minggu setelah saya menulis HOPE 1. Seperti janji saya, saya akan menulis catatan ini setiap hari senin. Saya akan menceritakan sejauh mana Himbio telah bergerak.

Hari Jum'at yang lalu saya mengumpulkan para pengurus harian. Siang itu kami berkumpul membentuk lingkaran di sekretariat yang kini terasa lebih lapang setelah mengganti warna dindingnya. Di bawah desing kipas angin yang berputar di atas kami, masing-masing bidang melaporkan perkembangan progja-progjanya.

Dari hasil rapat siang itu saya mendapat kabar gembira bahwa BIOTA (Bimbingan Calon Anggota) akan mulai di adakan pada tanggal 21 September 2013. Biota merupakan salah satu agenda besar Himbio karena melalui kegiatan ini kami berusaha mendidik kader-kader terbaik yang nantinya akan meneruskan Himbio ke depan. Dalam biota, mahasiswa baru akan dibantu untuk beradaptasi dengan kampus serta organisasi sehingga setelah Biota selesai nanti kami berharap mereka yang lulus adalah mereka yang benar-benar pantas disebut sebagai mahasiswa, bukan lagi sekedar siswa beralmamater.

Saya optimis, melalui Biota ini kami akan menemukan banyak kader yang potensial untuk meneruskan etsafet perjuangan mengembangkan Himbio menuju Himbio jaya sebagaimana cita-cita para pendiri Himbio dahulu.

Selain laporan mengenai Biota saya juga mendapatkan laporan mengenai strategi  pembentukan Ikatan Alumi Pendidikan Biologi yang telah direncanakan sejak dua tahun lalu. Dua tahun terakhir pembentukan Ikatan Alumni selalu menjadi program kerja, namun pada kenyataannya pencapaian ke arah sana masih belum benderang. Kini bidang Humas yang digawangi Rusmantoro dan kawan-kawan lain mulai menyusun strategi baru yang saya yakini akan membuahkan hasil.

Untuk mengawali pembentukan Ikatan Alumni tersebut, pada bulan zullhijjah nanti, Bidang Humas akan menyelenggarakan halal bihalal yang akan mengundang seluruh mahasiswa pendidikan biologi serta alumni untuk berkumpul bersama saling mengakrabkan diri. Melalui kegiatan tersebut diharapkan pembicaraan ke arah pembentukan Ikatan Alumni dapat dimulai sehingga dengan persiapan yang cukup panjang di akhir kepengurusan kami nanti Ikatan Alumni tersebut akan terwujud. Saya setuju bahwa ikatan alumni tidak akan terbentuk melalui satu dua kali pembicaraan saja, namun butuh waktu lebih lama untuk menyusun kesamaan visi sehingga ia dapat terbentuk. Tidak ada bayi yang seketika lahir tanpa ibunya hamil terlebih dahulu.

Kabar yang juga tak kalah penting adalah bahwa mulai hari sabtu kemarin kepanitiaan BioFest mulai terbentuk. Setelah melakukan musyawarah akhirnya dipilih Dedy Prasetya Puspo Aji sebagai ketua. Melalui biofest inilah saya memulai sebuah budaya baru di Himbio. Budaya yang saya maksud adalah bahwa pemimpin tak harus lebih tua, tak harus lebih senior. Buktinya walaupun ketua panitia BioFest berasal dari angkatan 2012, namun kami angkatan 2011 juga turut serta ambil bagian dalam sejarah gelaran pertama BioFest ini, Bahkan di beberapa bagian, angakatan 2012 diangkat sebagai Co sedangkan angkatan 2011 hanya sebagai staf. Satu pesan yang ingin disampaikan adalah bahawa : Kemampuan itu tolak ukurnya bukan usia dan senioritas. Tidak ada senior dan Junior dalam sebuah organisasi. yang ada hanyalah layak dan tidak layak. Seberapapun muda usia, selama ia layak memimpin maka ia pantas ditunjuk menjadi pemimpin.

Masih sangat awal untuk berbangga hati. Pekerjaan berat baru saja di mulai, belum sebutirpun keringat yang bercucuran. Namun paling tidak, melihat semangat para kabid dan staf-stafnya saya bisa tersenyum optimis bahwa Himbio baru sebagaimana yang saya inginkan akan benar-benar terwujud.

Saya pernah mengatakan bahwa :
Optimisme adalah kaki kanan saya, teman-teman yang mendukung adalah kaki kiri saya. Tanpa salah satunya saya hanya seorang cacat yang berjalan pincang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Ilmuan Biologi Muslim yang Dilupakan Sejarah

1.         Al Jahiz Al-Jahiz dilahirkan di Basra (Irak) pada tahun 781 Masehi. Ia adalah pencetus pertama teori evolusi. Sayang namanya tidak disebutkan dalam buku-buku pelajaran biologi di sekolah maupun di perguruan tinggi. Pelajar dan mahasiswa lebih mengenal nama Charles Darwin, ilmuwan yang hidup seribu tahun sepeninggal Al-Jahiz. Darwin yang hidup pada masa 1809-1882 itu dikenal melalui bukunya bertajuk On the Origin of Species (1859). Jika Darwin pernah menulis soal migrasi burung-burung di Kepulauan Galapagos, maka jauh sebelum itu Al-Jahiz juga pernah melakukannya. Al-Jahiz adalah ahli biologi pertama yang mencatat perubahan hidup burung melalui migrasi. Dia berpendapat, lingkungan dapat menentukan karakteristik fisik makhluk hidup. Asal muasal beragamnya warna kulit manusia, misalnya, terjadi sebagai akibat dari lingkungan tempat mereka tinggal. Al-Jahiz (781 M - 869 M) merupakan ahli biologi pertama yang mengungkapkan teori struggle for existence (berjuang untuk

BIOPERS : CYBER BULLYING

 Halo pembaca sekalian semoga selalu sehat dan bahagia yaa! Zaman sekarang, teknologi semakin canggih aja dan komunikasi juga semakin dipermudah. Tapi ternyata semakin kesini, orang-orang yang gak bijak dalam menggunakan teknologi tersebut malah menjadikan fasilitas yang disediakan seperti social media malah dijadikan lapak untuk menyebarkan hoax dan paling parahnya dijadikan sebagai tempat perundungan secara online atau yang biasa kita kenal sebagai cyber bullying . Untuk saling mengingatkan, dibawah ini akan ada bacaan mengenai cyber bullying nih, agar kami, kalian, dan kita semua dapat lebih bijak dalam berinteraksi di social media 💚 CYBER BULLYING Bullying yaitu dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai “penindasan atau risak”   yang merupakan segala bentuk penindasan atau kekerasan yang dilakukan dengan sengaja oleh satu orang atau sekelompok orang yang lebih kuat atau berkuasa terhadap orang lain, dengan tujuan untuk menyakiti dan dilakukan secara terus menerus. P adahal pera

BioInfo : Entognatha, Heksapoda yang bukan serangga

Pada umumnya, mahasiswa akan menyatakan bahwa heksapoda itu adalah artropoda berkaki enam atau serangga, atau heksapoda sama dengan serangga. Jika dinyatakan bahwa serangga adalah heksapo da, maka hal ini benar. Namun, jika dibalik, yaitu bahwa heksapoda adalah serangga, maka pernyataan tersebut menjadi keliru. Nah, lalu bagaimana sebenarnya kedudukan heksapoda, serangga, dan artropoda berkaki enam? Di dalam filum Artropoda, Entognatha dimasukkan ke dalam klas tersendiri, sesuai namanya. Dan bersama dengan Klas Insecta (serangga), Entognatha adalah anggota subfilum Heksapoda (artropoda berkaki enam). Klas Entognatha mencakup tiga ordo, yaitu: 1.Protura 2.Diplura, dan 3.Collembola (ekor pegas) Kebanyakan hidup di dalam tanah, dan berperan sebagai pemakan bahan organik (detritivora). Oleh karena itu, keberadaan mereka di lingkungan sangat bermanfaat. Para ahli juga sering menggunakan keragaman kelompok heksapoda ini untuk menentukan kualitas kandungan bahan organik tanah, maupun seba