HOPE 2 : Langkah-langkah kecil telah dimulai


Yahya Muhaimin | Ketua Himbio 2013-2014

Satu minggu setelah saya menulis HOPE 1. Seperti janji saya, saya akan menulis catatan ini setiap hari senin. Saya akan menceritakan sejauh mana Himbio telah bergerak.

Hari Jum'at yang lalu saya mengumpulkan para pengurus harian. Siang itu kami berkumpul membentuk lingkaran di sekretariat yang kini terasa lebih lapang setelah mengganti warna dindingnya. Di bawah desing kipas angin yang berputar di atas kami, masing-masing bidang melaporkan perkembangan progja-progjanya.

Dari hasil rapat siang itu saya mendapat kabar gembira bahwa BIOTA (Bimbingan Calon Anggota) akan mulai di adakan pada tanggal 21 September 2013. Biota merupakan salah satu agenda besar Himbio karena melalui kegiatan ini kami berusaha mendidik kader-kader terbaik yang nantinya akan meneruskan Himbio ke depan. Dalam biota, mahasiswa baru akan dibantu untuk beradaptasi dengan kampus serta organisasi sehingga setelah Biota selesai nanti kami berharap mereka yang lulus adalah mereka yang benar-benar pantas disebut sebagai mahasiswa, bukan lagi sekedar siswa beralmamater.

Saya optimis, melalui Biota ini kami akan menemukan banyak kader yang potensial untuk meneruskan etsafet perjuangan mengembangkan Himbio menuju Himbio jaya sebagaimana cita-cita para pendiri Himbio dahulu.

Selain laporan mengenai Biota saya juga mendapatkan laporan mengenai strategi  pembentukan Ikatan Alumi Pendidikan Biologi yang telah direncanakan sejak dua tahun lalu. Dua tahun terakhir pembentukan Ikatan Alumni selalu menjadi program kerja, namun pada kenyataannya pencapaian ke arah sana masih belum benderang. Kini bidang Humas yang digawangi Rusmantoro dan kawan-kawan lain mulai menyusun strategi baru yang saya yakini akan membuahkan hasil.

Untuk mengawali pembentukan Ikatan Alumni tersebut, pada bulan zullhijjah nanti, Bidang Humas akan menyelenggarakan halal bihalal yang akan mengundang seluruh mahasiswa pendidikan biologi serta alumni untuk berkumpul bersama saling mengakrabkan diri. Melalui kegiatan tersebut diharapkan pembicaraan ke arah pembentukan Ikatan Alumni dapat dimulai sehingga dengan persiapan yang cukup panjang di akhir kepengurusan kami nanti Ikatan Alumni tersebut akan terwujud. Saya setuju bahwa ikatan alumni tidak akan terbentuk melalui satu dua kali pembicaraan saja, namun butuh waktu lebih lama untuk menyusun kesamaan visi sehingga ia dapat terbentuk. Tidak ada bayi yang seketika lahir tanpa ibunya hamil terlebih dahulu.

Kabar yang juga tak kalah penting adalah bahwa mulai hari sabtu kemarin kepanitiaan BioFest mulai terbentuk. Setelah melakukan musyawarah akhirnya dipilih Dedy Prasetya Puspo Aji sebagai ketua. Melalui biofest inilah saya memulai sebuah budaya baru di Himbio. Budaya yang saya maksud adalah bahwa pemimpin tak harus lebih tua, tak harus lebih senior. Buktinya walaupun ketua panitia BioFest berasal dari angkatan 2012, namun kami angkatan 2011 juga turut serta ambil bagian dalam sejarah gelaran pertama BioFest ini, Bahkan di beberapa bagian, angakatan 2012 diangkat sebagai Co sedangkan angkatan 2011 hanya sebagai staf. Satu pesan yang ingin disampaikan adalah bahawa : Kemampuan itu tolak ukurnya bukan usia dan senioritas. Tidak ada senior dan Junior dalam sebuah organisasi. yang ada hanyalah layak dan tidak layak. Seberapapun muda usia, selama ia layak memimpin maka ia pantas ditunjuk menjadi pemimpin.

Masih sangat awal untuk berbangga hati. Pekerjaan berat baru saja di mulai, belum sebutirpun keringat yang bercucuran. Namun paling tidak, melihat semangat para kabid dan staf-stafnya saya bisa tersenyum optimis bahwa Himbio baru sebagaimana yang saya inginkan akan benar-benar terwujud.

Saya pernah mengatakan bahwa :
Optimisme adalah kaki kanan saya, teman-teman yang mendukung adalah kaki kiri saya. Tanpa salah satunya saya hanya seorang cacat yang berjalan pincang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Ilmuan Biologi Muslim yang Dilupakan Sejarah

BIOPERS : CYBER BULLYING

BioInfo : Entognatha, Heksapoda yang bukan serangga